Di era serba modern saat ini pemasaran menggunakan sistem konvensional sudah mulai ditinggalkan. Hal ini terlihat dari kebanyakan masyarakat Indonesia sekarang ini lebih sering melakukan belanja menggunakan smartphone yang mereka miliki.

Peluang pasar bisnis semakin besar dengan kemudahan orang untuk berbelanja dengan menggunakan smartphone. Belajar digital marketing merupakan solusi yang baik bagi kita-kita yang ingin terjun di dunia bisnis supaya kita tidak ketinggalan dari kompetitor bisnis kita. Selain itu dalam digital marketing ada beberapa strategi yang harus kita kuasai, beda produk akan beda strategi yang digunakan.

Apa Itu Digital Marketing

digital marketing adalah teknik pemasaran produk dan jasa yang dilakukan mengguankan media digital. Media yang biasa digunakan untuk digital marketing seperti website, social media, email marketing, video marketing, iklan, SEO, dll. Tujuan dari digital marketing ini adalah menjangkau pasar lebih luas dengan media internet.

Semua media yang digunakan dalam digital marketing memiliki tujuan yang sama, yaitu agar bisa terhubung dengan calon konsumen kita. Dari sinilah kita bisa melakukan edukasi kepada calon konsumen tentang produk atau jasa yang kita miliki, kemudian melakukan branding dan barulah bisa menawarkan produk atau jasa yang kita jual.

Bagaimana Cara Kerja Digital Marketing

Cara Kerja Digital Marketing

Persamaan digital marketing dan marketing konvensional/tradisional adalah keduanya sama-sama memiliki tujuan untuk memasarkan produk atau jasa kepada konsumen. Perbedaanya hanya terletak pada media yang digunakan, jika digital marketing semuanya sudah menggunakan media internet, tetapi untuk marketing tradisonal masih mengandalkan promosi langsung kepada calon konsumen, pasang banner, iklan di koran dll.

Contoh saja Anda sedang membutuhkan Hosting Domain untuk keperluan website Anda. Setelah itu Anda mulai browsing tentang provider hosting domain Indonesia terbaik dari berbagai sumber. Anda akan mulai membandingkan kelebihan dan kekurangan antara penyedia satu dengan yang lainnya dari segi fitur, layanan, spesifikasi, dukungan, harga dll. Jika kiranya sudah menemukan hosting domain terbaik, Anda bisa langsung untuk membayarnya dengan sistem transfer langsung kepada perusahaan penyedia.

Jadi bisa disimpulkan dari hasil contoh diatas dari mulai browsing sampai pembelian mengguankan media online. Oleh karena itu media digital marketing saat ini penting sekali bagi kelangsungan bisnis Anda kedepannya. Jika Anda masih bingung dalam memulai digital marketing tidak perlu khawatir, karena kami sudah menyiapan panduang lengkap belajar digital marketing untuk pemula.

Panduan Belajar Digital Marketing

Hal mendasar yang harus dikuasai oleh digital marketing handal adalah bisa membuat konten berbentuk tulisan. Sebab dari konten inilah nantinya yang akan dibutuhkan dalam semua channel strategi digital marketing. Jika Anda belum bisa menulis artikel yang baik silahkan baca dulu tentang cara membuat konten menarik.

Dengan memiliki modal skill menulis konten yang mumpuni, ada sudah bisa memulai mempelajari teknik digital marketing seperti berikut ini:

  • SEO (Search Engine Optimization)

SEO atau lebih dikenal dengan Search Engine Optimization merupakan salah satu teknik untuk mengoptimasi website dihalaman pencarian Google agar berada pada halaman pertama. Dengan berada dihalaman pertama pencarian Anda akan mendapatkan kunjungan website yang lebih banyak sehingga potensi untuk barang dan jasa yang Anda miliki terjual semakin besar.

Ada 2 teknik SEO yang berkembang saat ini  yaitu teknik SEO On Page dan teknik SEO Off Page. Perlu diketahui pula bahwa teknik SEO ini tidak bisa dikerjakan secara instan, perlu waktu yang lama untuk membangun dari awal. Tetapi jika SEO sudah jadi, Anda tinggal fokus pada teknik digital marketing lainnya.

  • SMM (Social Media Marketing)

Social Media Marketing adalah salah satu kegiatan dimana Anda mempromosikan barang dan jasa yang dimiliki dengan menggunakan akun social media. Secara definisi memang simple, tetapi untuk strateginya tidaklah sesimpel yang dibayangkan. Anda tidak hanya sekedar memiliki social media untuk bisnis saja, tetapi Anda perlu memiliki strategi dalam membuat konten agar bisa diterima oleh banyak orang.

Agar strategi SSM pada digital marketing Anda akurat, Anda perlu melakukan riset terlebih dahulu tentang selera pasar, target market dan persaingan produk. Jika sudah ketemu hasilnya tinggal implementasi pada akun social media bisnis Anda seperti Facebook, Instagram, Youtube,Twitter dan sebagainya.

  • Content Marketing

Content marketing adalah salah satu teknik digital marketing yang termasuk didalamnya pembuatan konten dan distribusi konten kepada konsumen yang relevan dengan bisnis yang sedang Anda jalani. Dalam content marketing ada 3 hal penting yaitu mendatangkan traffic, meningkatkan kepercayaan dan penjualan. Untuk Anda yang belum tahu silahkan buka pada artikel strategi konten marketing untuk bisnis yang bagus.

  • Email Marketing

Email marketing adalah teknologi memanfaatkan layanan email untuk kegiatan promosi kepada konsumen. Cara ini terbukti lebih ampuh karena email yang masuk sudah sesuai dengan interest dari produk barang atau jasa yang dijual. Selain itu untuk melakukan retargeting konsumen bisa lebih mudah dengan adanya database email pelanggan.

Untuk Anda yang mengelola email list sampai ribuan, nampaknya perlu menggunakan tool email marketing yang memudahkan Anda dalam memanagement list email yang dimiliki. Bahkan pada tahun 2017 data email yang terkirim mencapai 205 miliar email dan 120 miliar adalah berasal dari email marketing.

  • PPC (Pay Per Click)

Iklan model PPC nampaknya sekarang ini semakin banyak diminati. Anda hanya akan disuruh membayar sesuai dengan iklan yang diklik oleh target market Anda. Jadi dari segi budget untuk digital marketing tidak perlu membuang-buang anggaran yang besar. Iklan model PPC juga terbukti lebih unggul dari segi manapun dibandingkan dengan iklan model konvensional.

Sistem perikanan Pay Per Click ini bisa Anda temui pada penyedia layanan iklan yang terkenal saat ini seperti Google, Youtube, Aplikasi Android, Facebook, Instagram dan lainnya.

 

Materi Digital Marketing

  1. Google Bisnisku
  2. WhatsApp Bisnis
  3. Website
  4. Email Resmi
  5. Buyer Persona
  6. Copywriting
  7. SEO
  8. SEM
  9. Social Media Marketing
  10. Email Marketing
  11. Influencer
  12. CTA
  13. Leads
  14. Marketing Tools
  15. Digital Marketing Kuliner