Program  Pendidikan  Kecakapan  Kerja  (PKK)  merupakan  program  layanan pendidikan  melalui  kursus  dan  pelatihan  berbasis  keterampilan  kerja  sesuai kebutuhan  Dunia  Usaha  dan  Dunia  Industri  (DUDI).  Program  PKK  merupakan program layanan pendidikan melalui kursus dan pelatihan yang diharapkan dapat menghasilkan  lulusan  kompeten  pada  bidang  keterampilan  sesuai  kebutuhan DUDI sehingga dapat memanfaatkan secara optimal peluang-peluang kerja yang terbuka  pada  era  MEA.

Program  PKK  merupakan  salah  satu  wujud  program penyelarasan  kursus  dan  pelatihan  dengan  kebutuhan  kompetensi  kerja  pada DUDI  dan  kewirausahaan.  Melalui  program  ini,  peserta  didik  dibekali keterampilan sesuai kebutuhan DUDI dan dikembangkan etos kerjanya. Setelah menyelesaikan  program,  peserta  didik  dibantu  dan  dibimbing  oleh  lembaga penyelenggara program untuk mengakses lapangan kerja yang tersedia sampai mereka dapat bekerja pada DUDI.

Pengertian
Pendidikan  Kecakapan  Kerja  (PKK)  adalah  program  layanan  pendidikan  dan pelatihan berorientasi pada pengembangan keterampilan kerja yang diberikankepada peserta didik agar memiliki kompetensi di bidang keterampilan tertentu yang sesuai dengan peluang kerja. Lulusan program PKK dapat bekerja pada perusahaan, industri manufaktur, industri jasa, industri rumahan (home industry) atau industri lainnya.

A. Tujuan Program PKK

B. Tujuan Program Pendidikan Kecakapan Kerja sebagai berikut:

  1. Memberikan bekal keterampilan kerja bagi warga masyarakat yang menganggur karena belum memiliki keterampilan;
  2. Memotivasi lembaga pendidikan dan pelatihan untuk memberikan pelatihan keterampilan  bagi masyarakat agar memiliki keterampilan kerja yang sesuai dengan peluang kerja.