Sistem Informasi adalah program studi (prodi) yang menggabungkan ilmu komputer dengan bisnis serta manajemen. Sebagian dari kamu mungkin masih bingung apa saja yang dipelajari dalam prodi ini dan prospek kerja prodi Sistem Informasi. Untuk mengetahui informasi lebih lengkapnya, yuk, simak di sini!

Kuliah merupakan sarana untuk menggali informasi dan pengetahuan yang dilakukan setelah lulus sekolah menengah atas. Banyak keilmuan yang ditawarkan di tingkat perguruan tinggi. Ilmu-ilmu tersebut tentunya akan bermanfaat di dunia kerja. Salah satu keilmuan yang ditawarkan di tingkat perguruan tinggi, khususnya pada bidang sains & teknologi adalah Sistem Informasi.

Apa Itu Sistem Informasi ?

Program Studi Sistem Informasi ini merupakan sebuah bidang studi yang menggabungkan ilmu komputer dengan ilmu lain, seperti ekonomi, manajemen, dan bisnis. Melalui program studi ini, mahasiswa akan belajar lebih mendalam tentang cara melakukan identifikasi serta proses sebuah bisnis di perusahaan, mulai dari data-data atau profil bisnis hingga perancangan sistem yang sesuai dengan kebutuhan bisnis.

Oleh karena itu, mahasiswa Prodi Sistem Informasi tidak hanya berkutat pada ilmu komputer, seperti software maupun hardware, namun mahasiswa juga dituntut untuk mampu mempelajari sebuah proses bisnis perusahaan.

Apa Yang Dipelajari Di Sistem Informasi ?

Ada beragam ilmu yang bisa diperoleh dengan masuk ke dalam Prodi SI, yaitu ilmu mengelola software dan hardware, perancangan sistem, dan ilmu manajemen serta bisnis. Dalam Prodi Sistem Informatika, mahasiswa diarahkan untuk mengembangkan, memanfaatkan, serta mengelola software maupun hardware yang ada dalam dunia bisnis maupun perseorangan. Hal ini menjadi aspek penting ketika perancangan sistem informasi dan pengelolaannya di lapangan kerja.

Mahasiswa Prodi SI juga diarahkan untuk belajar merancang sebuah sistem yang sesuai dengan tujuan organisasi atau kebutuhan perusahaan sehingga sistem tersebut bermanfaat dan mendukung kegiatan bisnis yang dijalankan oleh perusahaan atau organisasi. Selain itu, dalam program studi ini mahasiswa juga diarahkan untuk mempelajari ilmu manajemen dan bisnis yang akan menjadi bekal bagi mahasiswa ketika bekerja di sebuah perusahaan.

Dengan memasuki Prodi Sistem Informasi, kamu bisa memperoleh dan menambah keahlian baru. Kamu akan mampu melakukan proyeksi atau rekayasa sistem jaringan melalui komputer. Mampu problem solving dan berpikir sistematis. Selain itu, kamu akan mampu menganalisis sebuah tujuan atau kebutuhan berdasarkan identifikasi profil serta tinjauan sederhana terhadap perusahaan. Tak hanya itu, keahlian kamu di bidang manajerial data juga akan bertambah. Nantinya, kamu akan mampu mengelola data dari sebuah perusahaan yang akan dijadikan sumber perancangan sistem informasi bagi perusahaan.

Prospek Kerja Sistem Informasi

Dengan beragam keahlian yang dipelajari ketika masa perkuliahan, nantinya kamu dapat mempraktikkannya langsung di dunia kerja. Ada banyak prospek kerja yang bisa kamu tempati setelah lulus dari Prodi Sistem Informasi. Apa saja prospek kerja tersebut? Simak di sini!

Arsitek Jaringan Komputer

Lulusan dari Prodi Sistem Informasi dapat berkiprah sebagai arsitek dalam perancangan jaringan komputer bagi perusahaan atau organisasi.

Arsitek Sistem Komputer

Tidak hanya sebagai perancang jaringan, lulusan Prodi Sistem Informasi juga memiliki kompetensi dalam perancangan sebuah sistem komputer bagi perusahaan atau organisasi.

Application Engineer

Lulusan ini juga dapat berkiprah sebagai application engineer dengan membuat sebuah aplikasi yang disasar untuk kebutuhan bisnis.

Programmer atau Software Developer

Salah satu pekerjaan yang belakangan tengah banyak dicari ialah Programmer atau Software Developer. Lulusan Prodi Sistem Informasi dapat mengaplikasikan skill mereka dalam bidang pekerjaan ini.

Data Scientist

Lulusan prodi ini juga memiliki kesempatan untuk menjadi seorang data scientist untuk manajerial data sebuah perusahaan atau organisasi tertentu.

Konsultan IT

Sebagai seseorang yang telah berkecimpung pada dunia Teknik Informasi (TI) maka kesempatan menjadi seorang konsultan IT merupakan hal yang sangat memungkinkan jika dilakukan oleh lulusan Sistem Informasi.

Mata Kuliah Jurusan Teknik Informatika

1 Konsep Sistem Informasi 15 Customer Relationhip Management
2 Pengetahuan Bisnis 16 Aljabar Linear
3 Pengantar Teknologi Informasi 17 Manajemen Pengetahuan
4 Akuntansi Dasar 18 Matematika Diskrit
5 Pengantar Manajemen Umum 19 Analisa Proses Bisnis
6 Statistik 20 Sistem Informasi Manajemen
7 Komunikasi Data 21 Data Mining & Data Warehouse
8 Sitem Bisnis Data 22 Jaringan Komputer
9 Algoritma & Pemrograman 23 Konsep e-Business
10 Struktur Data 24 Mobile Computing
11 Bahasa Pemrograman 25 Rekayasa Perangkat Lunak
12 Perancangan Basis Data 26 Manajemen Proyek
13 Arsitektur & Organisasi Komputer 27 Analisa & Perancangan Sistem Informasi
14 Manajemen Sains 28 Teknologi dan Infrastruktur e-Bisnis