TUK adalah Tempat Uji Kompetensi yaitu tempat atau lembaga yang dikasih wewenang untuk mengadakan Uji Kompetensi keahlian tertentu dengan tujuan untuk mensertifikasi keahlian yang dimiliki seseorang. Ada syarat yang cukup ketat bagi suatu lembaga untuk diberikan wewenang  bisa menjadi tempat uji kompetensi, adapun syarat sebagai berikut :

  1. Memiliki struktur organisasi yang dapat memberi gambaran tentang penanggung jawab Tempat Uji Kompetensi dan dibantu oleh bagian teknik operasional dan bagian mutu yang menjamin kesesuaian manajemen yang berkesinambungan.
  2. Mempunyai kebijakan dan prosedur yang menyatakan komitmen untuk mengikuti, menerapkan persyaratan khusus sesuai profesi yang ditetapkan oleh LSP TIK dalam lingkup profesinya.
  3. Memiliki kantor tetap sekurang-kurangnya dalam waktu 2 tahun dan memiliki sarana kerja yang memadai.
  4. Memiliki asesor kompetensi sesuai dengan ruang lingkup yang diajukan untuk diverifikasi, untuk menjadi tim asesor LSP TIK dengan persyaratan tetap menjaga ketidakberpihakan sebagai asesor.
  5. Memiliki rencana kegiatan tetap yang mencerminkan pelayanan yang diberikan
  6. Memiliki peralatan dan piranti lunak atau sarana lain yang bersifat permanen untuk uji kompetensi.
  7. Memiliki Prosedur Operasi/Sistem Mutu.
  8. Melakukan audit internal dalam kurun waktu tertentu dan akan di audit oleh LSP sekurang kurangnya satu kali dalam setahun.
  9. Melakukan kaji ulang manajemen.
  10. Lulus verifikasi yang dilakukan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi Teknologi Informasi dan telekomunikasi Indonesia.

Untuk hal ini LKP dan LPK Techno Informatika sudah mendapatkan kepercayaan menjadi TUK, baik TUK-LSP maupun TUK-LSK

 

Sertifikat TUK LSP-BNSP

 

Serifikat TUK LSK-TIK