Sekarang adalah  eranya multimedia dan digital. Digitalisasi dirasa lebih sederhana dan praktis, baik dari segi pengoperasian maupun dokumentasi. Pendokumentasian dapat dilakukan sendiri atau melibatkan pihak lain, dapat dalam bentuk foto-foto ataupun video.

Mekanisme Kerja Video Production Video Production adalah usaha produksi di bidang multimedia yang khusus menangani kebutuhan pemrosesan video. Macamnya banyak sekali, dapat dalam bentuk transfer video, editing video, dokumentasi even, company profile, pembuatan iklan, atau film pendek, dan Lain sebagainya. Usaha ini masih dekat dengan bentuk usaha production house (PH) atau rumah produksi yang lebih profesional dalam menghasilkan produk-produknya. Juga hampir sama dengan editing video yang jauh lebih simple, karena editing video itu cukup mengedit video saja. Usaha video production ini dapat dikatakan berada di tengah tengah antara usaha editing video dan PH. Karena dalam video production tidak cukup mengedit video saja, tapi juga melakukan pengambilan gambar atau shooting. Bahkan jika mampu, sekaligus membuat script atau naskah skenario suatu film, iklan, lalu menyutradarai pengambilan gambarnya.

Proses editing adalah salah satu elemen penting di dalam sinematografi dan tidak dapat dipisahkan dari dunia broadcasting. Namun apa sebenarnya video editing itu ? Video editing adalah suatu proses memilih atau menyunting gambar dari hasil shooting dengan cara memotong gambar ke gambar (cut to cut) atau dengan menggabungkan gambar-gambar dengan menyisipkan sebuah transisi.

Pada proses editing, gambar tidak cukup hanya digabung-gabungkan begitu saja. Banyak sekali variabel yang harus diketahui dalam proses editing, misalnya : camera angle, cameraworks, jenis shoot, motivasi, informasi, komposisi, sound, dan continuity. Istilah-istilah tersebut merupakan “Grammar of The Edit” yang harus dipegang dan diketahui oleh seorang editor.

Grammar of The Edit

Motivasi
Pada film, gambar-gambar seperti jalanan kota, gunung, laut, awan, dan sebagainya sering kali ditampilkan sebelum gambar utama (subjek/objek). Tujuan dimunculkan gambar-gambar tersebut adalah sebagai penggiring dan penjelas dari gambar selanjutnya. Selain gambar, motivasi dapat juga dimunculkan dalam bentuk audio, misalnya : suara telepon, air, ketukan pintu, langkah kaki, dan sebagainya. Motivasi dapat juga berupa perpaduan gambar dan audio.

Informasi
Pengertian informasi pada editing sebenarnya mengacu pada arti sebuah gambar. Gambar-gambar yang dipilih oleh seorang editor harus memberikan suatu maksud atau menginformasikan sesuatu.

Komposisi
Salah satu aspek penting bagi editor adalah pemahaman tentang komposisi gambar yang bagus. Bagus di sini artinya memenuhi standar yang sudah disepakati atau sesuai dengan Cameraworks.

Continuity
Continuity adalah suatu keadaan di mana terdapat kesinambungan antara gambar satu dengan gambar sebelumnya. Sedangkan fungsi dari continuity adalah untuk menghindari adanya jumping (adegan yang terasa meloncat), baik itu pada gambar atau audio.

Tittling
Semua huruf yang diperlukan untuk menambah informasi gambar. Misalnya : judul utama, nama pemeran, dan tim kreatif.

Sound
Sound dalam editing dibagi menurut fungsinya, sebagai berikut :
1. Original Sound
Semua audio/suara asli subjek/objek yang diambil bersama dengan pengambilan gambar/visual.
2. Atmosfer
Semua suara latar/background yang ada di sekitar subjek/objek.
3. Sound Effect

Semua suara yang dihasilkan/ditambahkan ketika saat editing, bisa dari original sound maupun atmosfer.
4. Music Illustration

Semua jenis bunyi-bunyian/nada, baik itu secara akustik maupun electric yang dihasilkan untuk memberi ilustrasi/kesan kepada emosi/mood penonton.

 

SOFTWARE DALAM EDITING VIDEO

  1. AVS Video Editor

AVS Video Editor adalah salah satu aplikasi edit video PC terbaik. Dengan antarmuka yang intuitif, software ini mudah digunakan dan memiliki fitur yang sangat lengkap dan berguna untuk proses editing video dibandingkan Corel VideoStudio dan Adobe Premiere yang harga lisensinya mahal. Nah, kamu bisa menjajal AVS Video Editor sebagai langkah alternatif yang lebih terjangkau.

Aplikasi ini memiliki ukuran file yang terbilang kecil. Namun, fitur yang dihadirkannya tidak kalah lengkap. Salah satu keunggulan software edit video ini adalah penggunaan teknologi video cachesehingga proses penyuntingan video Full-HD dapat berjalan lebih lancar dan cepat. Untuk melakukan penyuntingan, disediakan opsi Timeline yang akan memisahkan penyuntingan antara video, efek, teks, dan audio. Kamu dapat melakukan trimming, pemotongan, serta penggabungan beberapa efek dan menjadikannya sebuah file video utuh. Oh iya, terdapat lebih dari 300 efek video atau transisi.

  1. Sony Vegas Pro 13

 

Salah satu software edit video terbaik yang mungkin sering kamu dengar adalah Sony VegasSoftware buatan Sony ini sudah tidak diragukan lagi kiprahnya dalam hal pembuatan video maupun musik. Software buatan mereka ini sangat mumpuni dengan fitur yang sangat banyak dan bisa dibilang ini adalah software edit video kelas profesional, namun memiliki kemudahan dalam pengoperasiannya.

Meskipun menjadi saingan untuk Adobe Premiere Pro dan Apple Final Cut Pro X yang membidik pasar untuk industri profesional, Sony ternyata masih ingin software-nya tetap nyaman digunakan untuk kalangan amatir sekalipun. Yakni dengan Timeline yang simpel, kamu tinggal drag video yang akan disunting ke kolom Track. Nantinya Track akan terbagi menjadi video dan sound. Kamu juga bisa menumpuk beberapa video langsung di Track yang berbeda. Video yang berada paling atas adalah video yang akan muncul. Kamu tinggal memotong video dengan menekan S lalu menyatukannya dengan video-video lainnya. Kamu juga bisa memisahkan audio dan video dengan menekan U.

  1. VirtualDub

 

VirtualDub merupakan aplikasi edit video gratis di PC untuk platform Windows. Software ini sangat sederhana yang bisa dikatakan sebagai video maker dan juga bisa dibilang sebagai video editor. Pasalnya, VirtualDub punya fitur untuk merekam gambar yang ada di layar komputer. Kamu dapat menyimpan video yang telah kamu buat atau edit dengan format AVI. Tidak hanya itu fitur yang diberikan oleh VirtualDub, masih ada fitur seperti menghapus dan mengganti audio dari video yang kamu inginkan, bisa memberi efek blur, sharpen, embas, dan lainnya.

  1. Corel Video Studio

Corel Video Studio adalah software edit video terbaik yang dikembangkan oleh perusahaan ternama, Corel. Perusahaan ini bukanlah nama baru di industri perangkat lunak, mereka adalah pelopor dalam semua jenis software yang mereka buat, termasuk Video Studio Pro. Ini adalah salah satu perangkat lunak untuk editing video yang sangat canggih, namun asiknya software ini sangat mudah digunakan sehingga cocok untuk pemula.

  1. Adobe Premiere Pro

Adobe Premiere Pro tentunya sudah tidak diragukan lagi kemampuannya. Adobe Premiere Proadalah software edit video terbaik dari yang terbaik, program video editing ini dikembangkan oleh Adobe. Program ini sudah umum digunakan oleh rumah-rumah produksi, televisi, dan praktisi di bidangnya. Buat pemula mungkin melakukan edit video menggunakan Adobe Premiere terasa sangat rumit, namun program ini sebenarnya mudah dipelajari dan dalam waktu singkat kamu dapat mencapai tingkat mahir walaupun sekarang masih pemula dengan latihan tentunya.

Dengan menguasai Adobe Premiere Pro, kamu bisa menyusun video event seperti pernikahan, musik video klip, film, video profil, showreel, dan lainnya secara profesional. Program Adobe Premiere adalah bagian dari Adobe Creative Suite, sebuah rangkaian dari desain grafis, video editing, dan pengembangan aplikasi web yang dibuat oleh Adobe Systems. Premiere Pro mendukung banyak kartu video editing dan plug-in untuk percepatan proses, tambahan mendukung format file, dan video/audio efek.